COLORING BOOK : JINGGA MOCHI SERI 1

 

JINGGA MOCHI SERI 1 [COLORING BOOK]

DOWNLOAD EBOOK DI SINI [GRATIS]

JUDUL : JINGGA MOCHI SERI 1 [COLORING BOOK]
AUTHOR : EWAFEBRI 
PENERBIT : EWAFEBRI
TAHUN TERBIT : 2024
GENRE : COLORING EBOOK
JUMLAH HAL : 14 Hal.
BAHASA : INDONESIA
ISBN : -
RATING : -

COLORING BOOK : JINGGA MOCHI SERI 1 

Jingga Mochi Seri 1 Coloring Book adalah buku mewarnai yang dibuat oleh ewafebri berdasarkan prompt yang diberikan pada AI (Dall E). Buku ini berisi tentang ilustrasi dengan karakter Jingga, seorang gadis kecil yang gemoy dan Mochi, kelinci yang selalu menemani hari-harinya. 

Alasan Membuat Ebook Mewarnai

Jingga Mochi Buku Mewarnai

Sejujurnya saya membuat Ebook ini teringat akan Art Therapy yang bisa dilakukan dengan cara mewarnai. Mewarnai adalah aktivitas yang sangat baik bagi kita yang sering mengalami permalasahan mental seperti stress dan kecemasan. Karena dalam aktivitas mewarnai, ada sisi terapis bagi jiwa kita agar tidak berlarut-larut pada pemikiran-pemikiran negatif. Ada pun beberapa manfaat mewarnai selain untuk terapi adalah : 

  • Mewarnai dapat meningkatkan keterampilan motorik halus, seperti koordinasi tangan dan mata, pegangan yang tepat, dan gerakan jari. Keterampilan ini berguna untuk menulis, mengetik, berolahraga, dan melakukan kegiatan lainnya.
  • Mewarnai dapat merangsang kreativitas dan imajinasi, karena mewarnai memungkinkan seseorang untuk mengekspresikan diri, mengeluarkan ide-ide baru, dan mengapresiasi perbedaan visual. Kreativitas dan imajinasi adalah kunci untuk berpikir kritis, menyelesaikan masalah, dan berinovasi.
  • Mewarnai dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus, karena mewarnai membutuhkan perhatian dan ketelitian. Konsentrasi dan fokus adalah penting untuk belajar, bekerja, dan berprestasi.
  • Mewarnai dapat meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri, karena mewarnai memberikan rasa pencapaian dan kebanggaan atas hasil karya. Kepercayaan diri dan harga diri adalah dasar untuk kesehatan mental, hubungan sosial, dan kesejahteraan.
  • Mewarnai dapat membantu mengatasi kecemasan dan stres, karena mewarnai memiliki efek menenangkan dan terapeutik. Mewarnai dapat mengurangi hormon stres, meningkatkan mood, dan melibatkan otak dalam keadaan meditatif.

Mungkin kita masih sering berasumsi bahwa mewarnai adalah kegiatan yang hanya dilakukan oleh anak-anak saja. Padahal anggapan tersebut keliru. Mewarnai bisa menjadi langkah awal kita untuk meng-unlocked kreativitas yang sebelumnya tidak pernah kita sadari. 

Membangun suatu objek gambar menjadi hidup dan terlihat seperti tiga dimensi hanya dilakukan oleh orang-orang yang tidak hanya pandai gambar saja, tetapi juga paham teknik dasar dalam mewarnai. Seperti misalnya dengan membedakan gradasi warna untuk menciptakan gelap dan terang pada suatu gambar. 


Isi Buku Jingga Mochi 

Jingga Mochi Coloring Page

Buku ini memang tidak diciptakan untuk dibaca, tetapi lebih tepatnya bertujuan untuk dipratikkan secara langsung. Dalam buku ini kita diberikan penjelasan tentang manfaat mewarnai dan juga tips memilih ketebalan kertas saat akan dicetak.

Info Kertas

Ebook ini memiliki dimensi ukuran 20 x 20 cm yang bisa dicetak secara perlembar saja atau dijadikan oleh buku. Pun soal media yang digunakan untuk mewarnai, saya juga sudah memberikan tips yang bisa diterapkan. Adapun media yang bisa digunakan untuk mewarnai di antaranya : pensil warna, soft pastel, oil pastel/krayon (wax), cat air, pensil grafit atau pun konte. 

Pilihan media yang kalian gunakan juga berpengaruh pada ketebalan kertas yang digunakan. Misalnya saja medium cat air, artinya kita harus mencetak di atas kertas dengan ketebalan kurang lebih di atas 150 gsm. 


Illustrasi 

Ada sekitar 10 illustrasi yang terdapat dalam buku dengan aktivitas yang berbeda-beda. Tak hanya itu detail dari gambar pun juga berbeda-beda. Aktivitas yang ada diantaranya ada memasak, membersihkan rumah, belanja ke pasar, membaca dan lain-lain. 

Setiap Ilustrasi selalu ada objek Jingga dan Mochi serta jamur yang menjadi salah satu karakter saya dalam menggambar. Saya selalu memasukkan unsur jamur karena memiliki filosofi hidup yang sangat menginspirasi. Salah satu contoh ilustrasinya adalah gambar di atas. 

Kesimpulan

Jingga Mochi Seri 1 Coloring Book adalah buku mewarnai yang dibuat oleh ewafebri dengan inspirasi dari AI (Dall E). Buku ini menampilkan ilustrasi-ilustrasi lucu dan imut tentang Jingga, seorang gadis kecil yang gemoy, dan Mochi, kelinci putihnya yang setia. 

Buku ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan terapi seni bagi pembaca yang ingin mengurangi stres dan meningkatkan kreativitas. Buku ini juga memberikan informasi tentang manfaat mewarnai, tips memilih kertas dan media, serta teknik-teknik mewarnai yang dapat dipraktikkan. Buku ini cocok untuk semua usia yang suka mewarnai dan mengembangkan imajinasi.

Referensi

  1. Manfaat Mewarnai Bagi Anak, Tingkatkan Motorik Hingga Kreativitas. Diakses pada 11 Februari 2024 https://tirto.id/manfaat-mewarnai-bagi-anak-tingkatkan-motorik-hingga-kreativitas-fHKg.
  2. 6 Manfaat Mewarnai bagi Anak, Meningkatkan Kreativitas hingga .... Diakses pada 11 Februari 2024 https://momsmoney.kontan.co.id/news/6-manfaat-mewarnai-bagi-anak-meningkatkan-kreativitas-hingga-kepercayaan-diri.
  3. Manfaat Mewarnai untuk Anak: Mengembangkan Kreativitas dan Keterampilan .... Diakses pada 11 Februari 2024 https://www.suratdarianas.com/manfaat-mewarnai-untuk-anak/.
  4. Belajar Mewarnai untuk Anak PAUD: Mengembangkan Kreativitas Anak dengan .... Diakses pada 11 Februari 2024 https://ghibah.id/belajar-mewarnai-untuk-anak-paud-mengembangkan-kreativitas-anak-dengan-metode-yang-menyenangkan/.
  5. Manfaat Mewarnai untuk Perkembangan Anak | kumparan.com. Diakses pada 11 Februari 2024 https://kumparan.com/kumparanmom/manfaat-mewarnai-untuk-perkembangan-anak-1ym0tRWYAPX.

Post a Comment

0 Comments