FREE EBOOK THE TALE OF MUSHROOM STONE

 

 FREE EBOOK THE TALE OF MUSHROOM STONE

FREE EBOOK THE TALE OF MUSHROOM STONE


JUDUL : THE TALE OF MUSHROOM STONE (ZINE)
PENULIS : EWAFEBRI
GENRE : CHILDREN ILLUSTRATION
TAHUN PENERBITAN : 2023
JUMLAH HALAMAN : 126 Hal.
BAHASA : INDONESIA
FORMAT : EBOOK

BLUR

“The Tale Of Mushroom Stone adalah sebuah fiksi dalam bentuk Zine tentang Kerajaan Luminaria Flora yang dipimpin oleh Raja Sol dan Ratu Luna, dengan Kerajaan Nocturna yang dipimpin oleh Ratu Umbra, Ratu Penguasa Kegelapan.”

Mushroom Stone adalah batu jamur bercahaya yang bernama "Lumi" dan ditemukan oleh seorang Putri Raja dari Kerajaan Luminaria Flora yang bernama "Lumina". Dalam kisahnya batu jamur bercahaya ini kelak akan direbut oleh Ratu Penguasa Kegelapan dari Kerajaan Nocturna bernama Umbra

Ebook dalam bentuk zine ini pada dasarnya adalah hasil karya seni dari Dall E 3 + prompt yang diinput sebagai data oleh ewafebri untuk menghasilkan karya seni yang memiliki karakter jamur sebagai bagian karakter utama di alam imajinasi ini. 

THE REASON I WRITE

Alasan saya menyusun ebook ini karena terinspirasi dari illustrasi yang dibuat sebelumnya oleh Dall E. Masih dengan bantuan ChatGPT saya meminta Bing untuk membuat outline yang berhubungan dengan kisah yang terjadi di Mushroom Land. Setelah menimbang dan melihat beberapa illustrasi yang disusun oleh Dall E, saya terinspirasi membuat cerita yang berhubungan dengan keseimbangan. Maka terbitlah Ebook dalam balutan Zine karena ada banyak gambar pelengkap yang disertakan dalam kisah ini. 

WHAT'S SPECIAL ABOUT THIS EBOOK ? 

Selain kisahnya, tentu saja ragam illustrasi yang dibuat oleh Dall E dengan berbagai macam alternatif karya digital adalah hal yang menarik dalam buku ini. Dibandingkan buku sebelumnya, ebook ini menyajikan paradoks topik yang saling terhubung satu sama lainnya. Sejujurnya, saya hanya menyusun kalimat dan percakapan untuk mengurai cerita yang sebelumnya ditulis oleh ChatGPT. Meski begitu tidak mudah loh membangun imajinasi dalam membuat cerita non fiksi seperti ini. 

Sebagian besar cerita di sini memang tidak diambil langsung dari hasil rangkuman ChatGPT karena terkadang generate yang dihasilkan sangat tidak manusiawi. Percayalah beberapa kisah yang ditulis oleh ChatGPT selalu berakhir dengan dramatis, kematian, putus asa bahkan brutality. Hal ini menjadi salah satu "concern" yang saya hadapi. Sementara sebagai manusia, saya ingin menulis sebuah cerita yang memiliki harapan dan kegembiraan. 

Hal ini pulalah yang membuat saya tidak menggunakan ChatGPT 100%, karena bagaimana pun sisi manusiawi yang ada dalam cerita ini tetap perlu saya pertahankan. Saya tidak ingin menebarkan keputusasaan bagi para pembaca dan pecinta illustrasi Jamur ini. 

Meski terdengar ironis dan bahkan membuat sebagian orang merasa skeptis, tetapi salah satu keinginan saya untuk terus membagikan cerita dan kisah tentang harapan adalah agar kita selalu optimis dan bersyukur terhadap karunia Tuhan. Sebagian orang tentu berpendapat bahwa fiksi adalah dongeng yang tak pernah nyata, tetapi semangat dan moral story dalam fiksi bisa mengubah cara pandang kita dalam memahami diri kita sendiri dan kehidupan pada umumnya. 


Post a Comment

0 Comments