BANYUWANGI : LINTAS ZAMAN MELALUI SEJARAH DAN SENI [FREE EBOOK]

Ebook Sejarah, Seni dan Budaya Banyuwangi


JUDUL : BANYUWANGI (LINTAS ZAMAN MELALUI SEJARAH DAN SENI)
PENULIS : EWAFEBRI
GENRE : NON FICTION (HISTORY & ART)
TAHUN PENERBITAN : 2024
JUMLAH HALAMAN : 541 Hal.
BAHASA : INDONESIA
FORMAT : EBOOK (PDF)


BANYUWANGI (LINTAS ZAMAN MELALUI SEJARAH DAN SENI)

Alhamdulillah, Akhirnya saya bisa menyelesaikan buku tentang Banyuwangi ini. Salah satu mimpi saya adalah membuat ebook yang saya dedikasikan untuk kota kelahiran tercinta, Banyuwangi, Dan tahun ini, Allah SWT telah mengabulkan mimpi saya menjadi kenyataan. Alhamdulillah Ya Allah. 

Mengapa Ebook Banyuwangi ? 

Ebook Tentang Sejarah, Seni dan Budaya Banyuwangi

Mungkin ada yang penasaran mengapa saya menyusun Ebook ini. Salah satu alasannya adalah untuk memberikan perspektif lain tentang kota Banyuwangi termasuk di dalamnya aspek seni dan budayanya. Beberapa bulan yang lalu, saya menyusun sebuah ebook yang berhubungan dengan seni tari. Dan selama proses pembuatannya saya tergelitik dengan cerita narasumber yang mengatakan kepada saya bahwa selama ini masih banyak orang yang keliru memaknai seni tari dengan konotasi yang negatif. Terutama yang berhubungan dengan gerak erotis. 

Alasan ini membuat saya ingin memberikan satu gambaran dan menawarkan sudut pandang lain tentang seni tari, bahwa seni tari itu tidak sama dengan aktivitas menari (dance). Di mana dalam aktivitas menari (Dance), para penari biasanya mengabaikan banyak unsur atau elemen penting dalam seni tari. Hal ini yang kemudian membangun persepsi bagi kebanyakan orang, bahwa menari itu tak lebih dari gerak erotis saja. Apa saja elemen dan unsur-unsur dalam seni tari ? Nah semua bahasan ini saya jabarkan di dalam buku ini. 

Apa Isi Ebook Banyuwangi ?

Apa Isi Ebook Banyuwangi ?

Ebook Banyuwangi tidak hanya berisi tentang materi seni tari saja, tetapi banyak aspek yang saya bahas di dalamnya, termasuk beberapa topik di bawah ini : 
  • Bab 1 : Sejarah Banyuwangi >> dalam bab ini saya membahas tentang asal usul kota Banyuwangi dalam wujud legenda, sejarah, bahkan evolusi sistem pemerintahan. Yang tadinya berawal dari sistem Kerajaan menjadi sistem Kabupaten. Pun juga perkembangannya di era globalisasi ini. 
  • Bab 2 : Suku Osing >> Bab selanjutnya adalah bahasan tentang suku Osing, mulai dari asal-usul mereka, Bagaimana mereka bertahan di kemelut perubahan zaman, bahkan juga tentang budaya dan tradisi yang tidak dimiliki di tempat lain. 
  • Bab 3 : Seni Musik >> Membahas Banyuwangi itu tidak bisa terlepas dari kehidupan masyarakatnya yang hampir setiap hari diiring dengan musik. Banyak ragam musik khas Banyuwangi. Meski kota ini berada di Pulau Jawa, namun secara seni dan budaya, Banyuwangi memiliki karakternya sendiri. Ragam seni musik yang saya bahas di antaranya : Kendang kempul, Hadrah Kuntulan, Ragam Angklung dan Seni Patrol.
  • Bab 4 : Seni Tari >> Fungsi seni tari dalam perkembangan seni dan budaya Banyuwangi tidak sebatas untuk hiburan semata, namun sarat akan nilai spiritual, sejarah, perjuangan dan sosial. Oleh karena itu, Tari bagi warga Banyuwangi tidak semata-mata hanya gerak tubuh yang diirigi dengan musik saja tetapi juga menyimpan nilai-nilai luhur yang menjadi identitas dan ikon kota paling timur di Pulau Jawa ini. Di bab ini saya juga membahas tentang peran psikologi dan kecerdasan kinestika pada seni tari. Sementara untuk ragam tari Banyuwangi yang saya bahas antara lain : Janger, Gandrung, Tari Praburoro, Tari Ngremi dan Jaranan Buto. 
  • Bab 5 : Batik Gajah Oling >> Selain seni musik dan seni tari, Banyuwangi juga memiliki ciri khas tersendiri tentang seni visualnya, terutama yang berhubungan dengan desain. Gajah Oling adalah sebuah desain yang menjadi ikon dan identitas kota Banyuwangi yang diimplementasikan dalam seni batik dan mural. Ada makna filosofis yang terkandung dalam setiap lekuk desainnya. 

Selain itu saya juga membahas tentang bagaimana kota Banyuwangi mempertahankan nilai seni dan budayanya di era globalisasi ini. Apa saja tantangan yang mereka hadapi selama ini, serta solusi apa yang mereka terapkan dalam upaya pelestarian seni dan budaya yang semakin tergerus dengan modernisasi.  

Semoga Ebook ini menambah daftar referensi pengetahuan bagi siapa pun yang ingin mengenal sejarah, perkembangan serta seluk beluk kota Banyuwangi yang unik dan mistis ini. Sebagai sumber pengetahuan, saya membuat ebook ini agar mudah diakses siapa pun secara gratis. Jadi, bagi teman-teman yang mendownload ebook ini, jangan sampai diperjualbelikan ya ? Biarlah menjadi sumber pengetahuan bagi kita semua. Amin Allahuma Amin. 


Posting Komentar

0 Komentar